Senin, 31 Oktober 2016

Tugas 3 Pengantar Bisnis

Jawab pertanyaan berikut ini :
1. Jelaskankan kegiatan manajemen operasi dalam hubungannya dalam proses produksi dan operasional.
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Total Quality Manajemen dan bagaimana implementasinya?
3. Jelaskan tiga teori motivasi
4. Apa yang anda ketahui tentang Konflik? jelaskan tiga pandangan mengenai konflik!
5. Jelaskan konsep inti dari pemasaran?
Jawaban :
1.        Kegiatan managemen operasi :
-          Proses hubungan dengan pelanggan atau disebut dengan pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Karyawan terlibat dalam proses hubungan dengan pelanggan dengan cara mengidentisifikasi, menarik dan membangun hubungan dengan pelanggan eksternal, dan membantu pengiriman atau penyamapaian kebutuhan dan harapan pelanggan. Fungsi tradisional seperti pemasaran dan penjualan merupakan bagian dari proses tersebut.
-          Proses pengembangan produk atau jasa baru. Karyawan terlibat dalam proses pengembangan produk atau jasa baru dengan mendesain dan mengembangkan produk atau jasa baru tersebut. Produk atau jasa baru tersebut dikembangkan sesuai dengan spesifikasi pelanggan eksternal.
-          Proses pemenuhan pesanan. Proses pemenuhan pesanan meliputi kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dan menyampaikan jasa atau pelayanan dan produk kepada pelanggan eksternal.
-          Proses hubungan dengan pemasok, dalam proses tersebut karyawan memilih pemasok jasa, bahan baku, fdasilitas dan informasi dengan cepat dan efisien.

2.       Total Quality management (TQM) digunakan sebagai konsep managemen organisasi yang memperhatikan dan mengutamakan suara pelanggan. TQM meliputi 3 kegiatan utama yaitu Hoshin Planning, Quality Function Deployment, dan Daily Control.
Hoshin planning meliputi ketepatan dan kecepatan produk sampai ke pasar sehingga dapat meningkatkan laba.
Quality Function Deployment mencakup konsep produk yang terbaik yang sampai ke pasar sehingga dapat meningkatkan laba.
Daily Control menekankan penawaran harga terbaik dari produk sehingga dapat meningkatkan laba.
Implemetasi TQM dalam sebuah perusahaan sangatlah penting untuk mendukung pencapaian standart kualitas dan menjaga konsistensi kualitas produk dan layanan produk. Dibutuhkan usaha perbaikan secara terus menerus dalam kemampuan karyawan, proses dan lingkungan untuk menghasilkan kualitas terbaik, salah satunya adalah mengimplemetasikan TQM secara benar diseluruh aspek pada perusahaan untuk mendapatkan kualitas produk dan pelayanan seperti yang dibutuhkan, dan hal tersebut nantinya akan berimbas pada penjualan perusahaan, pertambahan pelanggan, stabilitas profit dan percepatan pertumbuhan bisnis.

3.       Dalam hubungan antarmanusia ditempat kerja ada 3 jenis teori motivasi, yaitu teori motivasi klasik dan managemen ilmiah, teori keprilakuan awal, dan teori motivasi kontemporer.
Dalam teori motivasi klasik dinyatakan bahwa karyawan hanya termotivasi oleh uang.
Berdasarkan teori motivasi keprilakuan awal, terdapat beberapa teori motivasi yang muncul, yaitu model sumber daya manusia, teori X dan Teori Y, Model Hierarkie kebutuhan, dan teori dua factor
Teori Motivasi Kontemporer, yang meliputi teori pengharapan dan teori keadilan.
Penjelasan teori-teori :
-       Teori X dan Teori Y diusulkan oleh Douglas Mcgregor menyatakan bahwa ada dua pandangan manager terhadap karyawan, yaitu menurut teori X mempunyai keyakinan bahwa orang pada dasarnya malas dan tidak mau bekerja sama sehingga harus diberi penghargaan dan hukuman agar mereka dapat bekerja secara produktif. Sedangkan menurut teori Y memiliki keyakinan bahwa orang pada dasarnya semangat, ingin tumbuh dan berkembang, memiliki motivasi tinggi dan ingin selalu produktif.
-       Teori Model  hirarkie Kebutuhan yang diusulkan oleh Abraham Maslow Menyatakan bahwa setiap manusia memiliki beberapa kebutuhan yang berbeda-beda dan mereka mencoba untuk memenuhi kebutuhannya. 5 Golongan kebutuhan  dari tingkat paling rendah menurut Maslow :
a.       Kebutuhan Fisiologi
b.      Kebutuhan rasa aman
c.       Kebutuhan Sosial
d.      Kebutuhan Penghargaan diri
e.      Kebutuhan Aktualisasi diri
-       Teori Dua Faktor diusulkan oleh Frederick Herzberg menyatakan bahwa kepuasan dan ketidakpuasan kerja tergantung pada dua factor yaitu Higiene Faktor yang meliputi kondisi kerja dan Motivation Faktor yang meliputi pengenalan pekerjaan secara baik.
-       Teori Pengharapan Menyatakan bahwa karyawan akan termotivasi untuk bekerja agar mendapatkan penghargaan yang mereka inginkan dan mereka percaya bahwa kesempatan atau harapan mereka dapat tercapai.Teori pengharapan adalah pemahaman terharap sasaran individu dan hubungan anatara usaha dan kinerja, antara kinerja dan pemberian penghargaan, serta antara pemberian penghargaan dan pemenuhan sasaran individu.
-       Teori Keadilan menyatakan bahwa keinginan karyawan untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan tergantung pada penilaiannya terhadap keadilan atas penghargaan yang diterimanya. Teori keadilan ini mendasari adanya berbagai bentuk keadilan, yaitu keadilan mendistribusikan penghargaan (distributive justice), keadilan dalam proses yang digunakan untuk menentukan hasil (Procedural justice), dan keadilan dalam memeberikan perlakuan atau tanggapan pad aorang lain (interactional justice).

4.       Konflik merupakan proses yang dimulai ketika satu pihak mempersepsikan bahwa pihak lain memiliki perasaan negative terhadapnya atau mengenai perasaan negative kepada pihak lain, yang oleh pihak pertama tidak disukainya ( Robbins & Judge, 2011 )
Menurut Robbins & Judge ( 2011 ) ada tiga pandangan mengenai konflik, yaitu pandangan tradisional, pandangan hubungan karyawan, dan pandangan interaksional.
-       Pandangan tradisional menyatakan bahwa konflik adalah berbahaya dan harus dihindari. Dalam pandangan ini semua konflik adalah buruk, berbahaya, harus dihindari, dan harus dicari penyebabnya sehingga tidak berpengaruh pada kinerja kelompok dan organisasi, Pada umumnya penyebab konflik karena lemahnya komunikasi, kurang keterbukaan dan kegagalan dalam menanggapi kebutuhan karyawan.
-       Sementara itu hubungan karyawan menyatakan bahawa konflik adalah lpandangan alamiah yang terjadi dalam kelompok dan organisasi dan tidak dapat dielakkan. Karena konflik tidak dapat dihindarkan maka pandangan hubungan karyawan menerima adanya konflik tersebut.
-       Pandangan interaksionis menyatakan bahwa konflik harus diciptakan sebagai dasar tercapainya harminisasi, kedamaian, ketenangan, kerja sama dalam kelompok yang cenderung apatis, statis, tidak tanggap terhadap inovasi. Pandangan interaksionis menyatakan bahwa konflik tidak hanya merupakan kekuatan positif dalam kelompok tetapi konflik juga secara absolute penting untuk kelompok agar lebih efektif.

5.        Konsep inti pemasaran :
-       Kebutuhan
Konsep paling pokok melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia.
Kebutuhan adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, rumah, rasa aman, dan kasih sayang.

-       Keinginan
Konsep pokok kedua dalam pemasaran adalah yang nenyangkut keinginan manusia,yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang. Ragam dari keinginan semakin berkembang seiring dengan berkembangnya kebusayaan. Di Indonesia, orang membutuhkan nasi sebagai pilihan utama, sedangkan masyarakat di amerika lebih menginginkan hamburger, kentang goreng, dan coke.

-       Permintaan
Manusia memiliki keinginan/kebutuhan yang tidak terbatas, namun sumber dayanya yang terbatas. Karena itu, dengan keterbatasan sumber daya yang ada, mereka memilih produk-produk yang menghasilkan kepuasan maksimal. Keinginan manusia akan menjadi permintaan apabila  didukung oleh daya beli. Denagan demikian, dapat dikatakan bahwa permintaan adalah keinginan /kebutuhan manusia yang didukung oleh daya beli.

-       Produk
Kebutuhan, keinginan, dan permintaan memberi kesan adanya produk untuk memenuhinya. Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki,digunakan,ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan. Produsen perku mengetahui apa yang diinginkan konsumen untuk kemudian menyediakan produk yang sedekat mungkin dengan pemuasan keinginan ini.

-       Pertukaran
Pemasaran terjadi apabila orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui pertukaran. Pertukaran adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai pengantinya.
Hal-hal yang diperlukan untuk berlangsungnya suatu pertukaran:
1.      Paling sedikit harus ada dua pihak
2.      Masing-masing pihak harus memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lain
3.      Masing-masing pihak bisa saling berkomunikasi dan saling menawarkan sesuatu
4.      Masing-masing pihak bebas untuk menerima atau menolak penawaran pihak lain
5.      Masing-masing pihak percaya bahwa berhubungan denagan pihak lain merupakan tindakan yanag tepat.

-       Transaksi
Transaksi mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak. Misalnya dalam transaksi, A memberiakn X kepada B dan sebagai penggantinya A mendapatkan Y dari B. Transaksi melibatkan sedikitnya dua barang atau jasa yang bernilai,syarat-syarat yang disepakati, waktu kesepqakatan dan tempat kesepakatan.

-       Pasar

Konsep transaksi mengarah pada konsep pasar. Pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atau suatu produk. Sebuah pasra dapat timbul disekitar produk (barang/jasa) yang bernilai. Misalnya pasra tenaga kerja, terdiri dari orang-orang yang mau menawarkan tenaga mereka untuk mendapatkan upah atau produk. Berbagai lembaga akan timbul di sekir pasar tenaga kerja untuk mempermudah fungsi pasar tenaga kerja itu. Pasar uang merupakan pasar penting yang lahir untuk memenuhi kebutuhan manusia agar mereka dapatmenjamin, meminjamkan, menabung dan menanamkan uang.

1 komentar: