Selasa, 25 Oktober 2016

Tugas 1 Manajemen

TUGAS 1 MANAJEMEN

SOAL                :
1. Jelaskan Proses manajemen
2. Jelaskan masing-masing Teori manajemen
3. Jelaskan memengenai Lingkungan organisasi
4. Jelaskan Proses perencanaan?

          JAWABAN         :

          1. Proses Managemen :

a.    Perencanaan
Mencakup pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan. 
b.    Pengorganisasian
adalah menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana keputusan harus dibuat.
c.     Kepemimpinan
meliputi kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan konflik. 
d.    Pengendalian
meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang ada.

2. Teori Managemen :
a. Teori manajemen ilmiah lahir dari adanya kebutuhan untuk menaikkan produktifitas. Pelopornya adalah Fredrik Taylor, Frank dan Lilian Gilbreth, Henry Grant, Harrington Emerson.
Prinsip-prinsip managemen Ilmiah sebagai berikut :
1.Mengganti cara tidak teratur dengan ilmu pengetahuan yang sistemastis.
2.Mengusahakan keharmonisan dalam gerakan kelompok.
3.Mencapai kerjasama manusia, bukan individualisme.
4.Menghasilkaan output yang maksimal, bukan output yang terbatas.
5.Mengembangkan pekerja sampai taraf setinggi-tingginya untuk kesejahteraan maksimum mereka sendiri.

b. Teori managemen klasik timbul dari kebutuhan akan pedoman untuk mengelola organisasi yang kompleks, misalnya sebuah pabrik. Pelopornya adalah Henry Fayol, James D. Mooney, Mary Parker Follet, Herberd Simon, Chester I. Banard.
14 prinsip manajemen klasik yaitu :
1.Pembagian kerja
2.Otoritas
3.Tata tertib
4.Kesatuan komando
5.Kesatuan arah
6.Subordinasi kepentingan-kepentingan individu terhadap kepentingan umum
7.Balas jasa
8.Sentralisasi
9.Rantai skalar / hirarki
10.  Tatanan
11.  Kesamaan
12.  Kemantapan para karyawan dalam pekerjaannya
13.  Inisiatif
14.  Semangat korps.

  c. Teori Managemen Hubungan Manusiawi Teori hubungan manusia adalah teori yang menggambarkan cara-cara bagaimana manajer berhubungan dengan bawahannya. Perlu ada upaya untuk meningkatkan hubungan antar manusia agar organisasi lebih efektif.  Aliran ini untuk memperkuat aliran klasik, yaitu dengan menambahkan wawasan sosial dan psikologi. Pelopornya adalah Hawthorn studies, Elton Mayo, Fritz Roethlisberger, dan Hugo Munsterberg.

  Teori ini dapat ditunjang dengan 3 prinsip : 

1.Menemukan orang yang terbaik.
2.Menciptakan kondisi psikologis dan pekerjaan yang terbaik.
3.Menggunakan pengaruh psikologis untuk mendorong karyawan.

d.  Teori Manajemen modern adalah perluasan manajemen ilmiah.  Manajemen modern mulai berkembang sejak tahun 1940 an, banyak menggunakan manajemen sains/ manajemen operasi atau riset operasi sebagai pendekatan ilmu manajemen, yang banyak menggunakan ilmu matematika, fisika, untuk memecahkan masalah oprasional.  Tujuan dari manajemen sains/manajemen ilmu adalah untuk memberikan landasan kuantitatif dalam pengambilan keputusan. Pelopornya adalah Abraham Maslow, Chris Argyris, Douglas Mc Gregor, Edar Schien, David Mc Cleland, Robert Blake and Jane Mouton, Ernest Dale, Peter Drucker dan ahli-ahli manajemen operasi/manajemen sains.
           
Dalam manajemen modern, konsep manajemen dibagi menjadi :
1.Manajemen berdasarkan hasil.
2.Manajemen berdasarkan tanggungjawab sosial.
3.Manajemen berdasarkan sasaran.
4.Manajemen berdasarkan pengecualian.
5.Manajemen terapan

   3. Lingkungan Organisasi adalah elemen-elemen yang berada di luar organisasi tersebut dan secara potensial mempengaruhi kinerja organisasi.  Lingkungan dapat dibagi 2 yaitu :

a. Lingkungan eksternal adalah seluruh kekuatan luar yang mempengaruhi organisasi.  Sedangkan lingkungan internal adalah suatu kejadian atau kecenderungan di dalam suatu organisasi yang mempengaruhi aktifitas organisasi tersebut.
Lingkungan eksternal sendiri dapat dibagi 2 yaitu Elemen aksi langsung disebut stake holder atau pihak-pihak berkepentingan seperti konsumen, pamasok, pemerintah, serikat pekerja, pesaing, dan Elemen tidak langsung di antaranya adalah teknologi, ekonomi, politik, sosial budaya, demografi.

b. Lingkungan Internal termasuk dalam lingkungan internal adalah budaya, karyawan, pemegang saham, dan dewan direksi.

 4. Proses Perencanaan : 
1. Menetapkan tujuan dan serangkaian tujuan : Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan dengan menetapkan keputusan-kepurusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja.
2.  Merumuskan keadaan saat ini : setelah keadaan perusahaan saat ini diperiksa, maka rencana dapat dirumuskan untuk menggambarkan tencana kegiatan lebih lanjut, tahap ini memerlukan informasi terutama keuangan dan data statistic organisasi/kel.kerja.
3. Mengidentisifikasi segala kemudahan dan hambatan : Kekuatan dan kelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentisifikasikan untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan.
4. Mengembangkan rencana/ serangkaian kegiatan untuk pencapain tujuan : yaitu proses pengembangan berbagai alternative, pemilihan alternative terbaik diantara berbagai alternative yg ada, untuk mencapai tujuan.
5. Mempertahankan pengendalian : Perencanaan menjadi fungsi strategis bagi perusahaan untuk bisa bertahan dan mencapai kesuksesannya, yaitu mamp[u mengurangi resiko dan mampu mengambil keuntungan di saat kristis sekalipun.

0 komentar:

Posting Komentar