Senin, 31 Oktober 2016

Tugas 2 Pengantar Bisnis

PENGANTAR BISNIS

SOAL :

1.     Jelaskan yang dimaksud dengan perencanaan bisnis
2.     Jelaskan Karakteristk wirausaha yang berhasil
3.     Jelaskan apa yang anda ketahui tentang usaha kecil dan menengah
4.     Berilah contoh analysis integrase factor internal dan eksternal
5.     Apa yang anda ketahui tentang E-commerce ?
6.     Jelaskan Apa yang dimaksud dengan manajemen dan fungsi – fungsi manajemen
7.     Jelaskan level atau tingkatan dalam manajemen dan bidang – bidang manajemen serta jelaskan keahlian manajemen !
8.     Apakah tujuan manajemen menyusun sasaran?

JAWABAN :

1.  Perencanaan Bisnis merupakan catatan mendetail tentang bisnis yang akan dilakukan, yang meliputi karteristik bisnis yang akan dilakukan, pasar sasaran, keunggulan bisnis yang akan didirikan dibandingkan pesaing, setra sumber daya dan kualisifikasi pemilik bisnis. Perencanaan bisnis ini dapat memberikan kekuatan dan keyakinan pemilik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Pada saat memulai bisnisnya, para pebisnis atau wirausaha harus menganalisis persaingan, menghitung berapakah dana untuk memulai bisnis, dan memahami kegiatan operasional bisnis secara lebih detail. Perencaan bisnis ini juga bermanfaat dalam mencari kreditur seperti bank.

2.  Menurut Zimmerer dan Scarborough (2002) karateristik Wirausaha yang berhasil adalah sebagai berikut :
1.  Mempunyai keinginan untuk bertanggung jawab. Wirausaha yang berhasil akan memiliki tanggung jawab personal terhadap hasil usahanya.
2.  Memilih resiko yang sedang., Wirausaha cenderung bersifat risk taker, namun seorang pebisnis yang baik akan memperkecil kemungkinan resiko yg akan timbul.
3.  Memiliki keyakinan terhadap kemampuannya untuk berhasil. Wirausaha yg baik cenderung memiliki keyakinan akan bisnis yg dijalankanya dan bersifat optimis.
4. Mempunyai keinginan untuk memberikan dan mendapatkan tanggapan atau umpan balik segera.
5.  Bersemangat tinggi. Wirausaha yang berhasil pada umumnya aktif dan energik.
6.  Orientasi ke masa depan. Selalu proaktif dengan mencari berbagai kesempatan untuk dimasuki.
7.  Mempunyai keahlian mengorganisasi dan mengelola. Wirausaha mampu melebur orang dan pekerjaan mengubah visi menjadi realita.
8.  Menganut nilai pencapaian melalui uang yang diperoleh. Pencapaian wirausaha diukur dari uang yang diperoleh dari bisnisnya.
9. Mempunyai komitmen tinggi. Komitmen yg dimaksud adalah bagaimana melaksanakan bisnis dan mempertahankannya agar tetap survive.
10.Toleransi terhadap adanya ambiguitas. Wirausaha harus toleransi tinggi terhadap ketidakpastian lingkungan, informasi yg saling berlawanan, dan mengelola sumber daya yang bervariasi.
11.Mempunyai fleksibilitas. Wirausaha dituntut mampu beradaptasi menghadapi perubahan permintaan pelanggan dan lingkungan.

3.  UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Persiden RI UU no,9 tahun 1998 Pengertian Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Kriteria Usaha Kecil menurut UU no.9 th.1995 adalah :
1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp.1.000.000.000,-.
3. Milik WNI.
4.  Berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yan g tidak dimiliki,, dikuasai dan berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menegah atau usaha besar.
5. Berbentuk usaha orang perorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.

4.       Contoh analisis terintegrasi factor internal dan eksternal

Faktor Positif
Faktor Negatif
Internal Perusahaan
Kekuatan ;
-Kompetensi Inti
-Kekuatan Keuangan
-Kemampuan inovatif
-Keahlian dan pengalaman managemen
-Strategi yang terencana dengan baik
-kemudahan memasuki pasar yang ada
-Jaringan kerja hubungan yg kuat
-Reputasi yang baik dipasar
-Tekonologi yang dimiliki
Kelemahan :
-Sumber dan keuangan yang tidak tercukupi
-Srategi yang terncana secara buruk
-Kurangnya keahlian atau pengalaman managemen
-Kurangnya kemampuan berinovasi
-Fasilitas yang tidak memenuhi
-Ada permasalah distribusi
-Keahlian pemasaran yang terbatas
-Produksi yang tidak efisien
Eksternal Perusahaan
Kesempatan :
-Ada pasar potensial yg dapat dimasuki
-Ada pasar geografis dan produk baru
-Pergeseran dalam dinamika industry
-Ada Potensi pertumbuhan pasar
-Adanya teknologi baru
-Ada perubahan atau ekspansi
-Penyederhanaan atau menghilangkan aturan pemerintah
-Peningkatan fregmentasi pasar
Ancaman :
-Adanya pesaing baru
-Peningkatan permintaan dari pembeli/penjual
-Pergeseran penjualan kebarang substitusi
-Tambahan peraturan pemerintah
-Pergeseran siklus bisnis
-Pertumbuhan Pasar yang melemah
-Perubahan freferensi pelanggan

5. E-commerce adalah penggunaan internet atau alat-alat elektronik lainnya untuk transaksi baik eceran maupun bisnis ke bisnis yang mampu menciptakan pasar baru di dunia. Salah satu alat dalam teknologi informasi seperti Balckberry, Android dan Apple merupakan telepon pintar yang memiliki karateristik internet tanpa kabel yang mengaplikasikan gaya personal computer dikantor namun dapat dibawa kemanapun. Keunggulannya dalah menghemat waktu, dapat berhubungan dengan pelanggan maupun pemasok dimanapun mereka berada.

6. Managemen adalah proses yang didesain untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien dalam lingkungan yang serba berubah, sedangkan manager adalah orang yang membuat segala sesuatu terlaksana dengan baik melalui orang.
Fungsi-fungsi mangemen :
1.  Fungsi Perencanaan : Fungsi ini menetukan hal yang perlu dilakukan organisasi dan cara organisasi melakukannya melalui perencanaan yang matang.
2.  Fungsi Pengorganisasian : Proses managemen dalam cara pengaturan terbaik sumber daya dan kegiatan oraganisasi dalam struktur yang ada saat ini secara efektif dan efisien.
3. Fungsi Kepemimpinan : Kemampuan pemimpin untuk memberikan petunjuk dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi/ perusahaan, meliputi fungsi penyusunan staf dan fungsi pengarahan.
4. Fungsi Pengendalian : Proses mengevaluasi, memonitor dan mengoreksi kegiatan organisasi.

7.Jenis tingkatan level manager :
1. Top Manager bertanggung jawab terhadap tercapainya seluruh kinerja dan keefektifan organisasi. Merupakan manager yang mengambil keputusan-keputusan strategis atau keputusan jangka panjang
2. Middle Manger bertanggung jawab untuk menerapkan strategi dan bekerja untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan oleh Top Manager. Biasanya dituntut untuk menerjemahkan keputusan strategic Top Manager menjadi keputusan yang sifatnya taktis untuk jangka menegah.
3. First Line Manager Bertanggung jawab melakukan supervise terhadap pekerjaan karyawan. Dituntut untuk mengambil keputusan yang bersifat operasional atau keputusan jangka pendek yang deterjemahkan dari keputusan taktis yang dilakukan oleh middle manager.

Ketiga level managemen tersebut terbagi menjadi berbagai bidang managemen yaitu managemen sumber daya manusia, managemen operasioanal, managemen pemasaran, managemen keuangan, dan managemen informasi, serta berbagai managemen lainnya.
               Keahlian managemen :
1. Keahlian konseptual : keahlian untuk berfikir secara mendalam, melakukan abbstraksi, mendiagnosis, dan menganalisis suatu yang berbeda. Keahlian ini membantu manager mengenal kesempatan dan ancaman dari pasar yang baru, membantu menganalisis kemungkinan yang akan terjadi dr suatu keputusan, mengandung fikiran kreatif untuk pengembangan produk dan ide inovatif.
2. Keahlian analitis : keahlian untuk mengidentifikasi isu-isu yang terkait dan mengenal pentingnya isu tersebut, memahami antar isu yang ada dan mengetahui penyebabnya.
3. Keahlian untuk berhubungan dengan orang lain :  Keahlian untuk menjalin hubungan dengan orang lain, memahami dan berkomunikasi dengan orang lain baik didalam maupun luar organisasi perusahaan.
4. Keahlian teknis : keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas khusus atau terspesialisasi.
5. Keahlian dalam pengambilan keputusan : Keahlian yang harus dimiliki untuk mengidentifikasi keahlian yang ada dan mengambil tindakan terbaik.
6.  Keahlian pengelolaan waktu : keahlian mengelola waktu sebaik mungkin.

8.   Tujuan Managemen menyusun sasaran :
1.  Memberikan arahan dan petunjuk bagi manager pada semua tingkatan mengenai kondisi perusahaan saat ini, dan adakah sesuatu yang salah dalam suatu organisasi.
2.  Membantu organisasi atau perusahaan mengalokasikan sumber dayanya.
3.  Sasaran juga membantu perusahaan menentukan atau mendefinisikan budaya perusahaan.
4.  Membantu manager menilai kinerja organisasi.

2 komentar: