PENGANTAR BISNIS
SOAL :
1. Jelaskan yang dimaksud dengan perencanaan
bisnis
2. Jelaskan Karakteristk wirausaha yang berhasil
3. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang usaha
kecil dan menengah
4. Berilah contoh analysis integrase factor
internal dan eksternal
5. Apa yang anda ketahui tentang E-commerce ?
6. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan manajemen
dan fungsi – fungsi manajemen
7. Jelaskan level atau tingkatan dalam manajemen
dan bidang – bidang manajemen serta jelaskan keahlian manajemen !
8. Apakah tujuan manajemen menyusun sasaran?
JAWABAN :
1. Perencanaan Bisnis merupakan catatan mendetail
tentang bisnis yang akan dilakukan, yang meliputi karteristik bisnis yang akan
dilakukan, pasar sasaran, keunggulan bisnis yang akan didirikan dibandingkan
pesaing, setra sumber daya dan kualisifikasi pemilik bisnis. Perencanaan bisnis
ini dapat memberikan kekuatan dan keyakinan pemilik terhadap produk atau jasa
yang ditawarkan. Pada saat memulai bisnisnya, para pebisnis atau wirausaha
harus menganalisis persaingan, menghitung berapakah dana untuk memulai bisnis,
dan memahami kegiatan operasional bisnis secara lebih detail. Perencaan bisnis
ini juga bermanfaat dalam mencari kreditur seperti bank.
2. Menurut Zimmerer dan Scarborough (2002)
karateristik Wirausaha yang berhasil adalah sebagai berikut :
1. Mempunyai keinginan untuk bertanggung jawab.
Wirausaha yang berhasil akan memiliki tanggung jawab personal terhadap hasil
usahanya.
2. Memilih
resiko yang sedang., Wirausaha cenderung bersifat risk taker, namun seorang pebisnis yang baik akan memperkecil
kemungkinan resiko yg akan timbul.
3. Memiliki
keyakinan terhadap kemampuannya untuk berhasil. Wirausaha yg baik cenderung
memiliki keyakinan akan bisnis yg dijalankanya dan bersifat optimis.
4. Mempunyai
keinginan untuk memberikan dan mendapatkan tanggapan atau umpan balik segera.
5. Bersemangat
tinggi. Wirausaha yang berhasil pada umumnya aktif dan energik.
6. Orientasi
ke masa depan. Selalu proaktif dengan mencari berbagai kesempatan untuk
dimasuki.
7. Mempunyai
keahlian mengorganisasi dan mengelola. Wirausaha mampu melebur orang dan
pekerjaan mengubah visi menjadi realita.
8. Menganut
nilai pencapaian melalui uang yang diperoleh. Pencapaian wirausaha diukur dari
uang yang diperoleh dari bisnisnya.
9. Mempunyai
komitmen tinggi. Komitmen yg dimaksud adalah bagaimana melaksanakan bisnis dan
mempertahankannya agar tetap survive.
10.Toleransi
terhadap adanya ambiguitas. Wirausaha harus toleransi tinggi terhadap
ketidakpastian lingkungan, informasi yg saling berlawanan, dan mengelola sumber
daya yang bervariasi.
11.Mempunyai
fleksibilitas. Wirausaha dituntut mampu beradaptasi menghadapi perubahan
permintaan pelanggan dan lingkungan.
3. UKM
adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan
bersih paling banyak Rp.200.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat
usaha. Usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Persiden RI UU no,9 tahun
1998 Pengertian Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil
dengan bidang usaha yang mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu
dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Kriteria
Usaha Kecil menurut UU no.9 th.1995 adalah :
1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak
Rp.200.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak
Rp.1.000.000.000,-.
3. Milik WNI.
4. Berdiri sendiri bukan merupakan anak perusahaan
atau cabang perusahaan yan g tidak dimiliki,, dikuasai dan berafiliasi baik
langsung maupun tidak langsung dengan usaha menegah atau usaha besar.
5. Berbentuk usaha orang perorangan, badan usaha
yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk
koperasi.
4. Contoh
analisis terintegrasi factor internal dan eksternal
Faktor
Positif
|
Faktor
Negatif
|
|
Internal
Perusahaan
|
Kekuatan ;
-Kompetensi
Inti
-Kekuatan
Keuangan
-Kemampuan
inovatif
-Keahlian
dan pengalaman managemen
-Strategi
yang terencana dengan baik
-kemudahan
memasuki pasar yang ada
-Jaringan
kerja hubungan yg kuat
-Reputasi
yang baik dipasar
-Tekonologi
yang dimiliki
|
Kelemahan :
-Sumber dan keuangan yang tidak tercukupi
-Srategi yang terncana secara buruk
-Kurangnya keahlian atau pengalaman
managemen
-Kurangnya kemampuan berinovasi
-Fasilitas yang tidak memenuhi
-Ada permasalah distribusi
-Keahlian pemasaran yang terbatas
-Produksi yang tidak efisien
|
Eksternal
Perusahaan
|
Kesempatan :
-Ada pasar potensial yg dapat dimasuki
-Ada pasar geografis dan produk baru
-Pergeseran dalam dinamika industry
-Ada Potensi pertumbuhan pasar
-Adanya teknologi baru
-Ada perubahan atau ekspansi
-Penyederhanaan atau menghilangkan aturan
pemerintah
-Peningkatan fregmentasi pasar
|
Ancaman :
-Adanya pesaing baru
-Peningkatan permintaan dari
pembeli/penjual
-Pergeseran penjualan kebarang substitusi
-Tambahan peraturan pemerintah
-Pergeseran siklus bisnis
-Pertumbuhan Pasar yang melemah
-Perubahan freferensi pelanggan
|
5. E-commerce
adalah penggunaan internet atau alat-alat elektronik lainnya untuk transaksi
baik eceran maupun bisnis ke bisnis yang mampu menciptakan pasar baru di dunia.
Salah satu alat dalam teknologi informasi seperti Balckberry, Android dan Apple
merupakan telepon pintar yang memiliki karateristik internet tanpa kabel yang
mengaplikasikan gaya personal computer dikantor namun dapat dibawa kemanapun.
Keunggulannya dalah menghemat waktu, dapat berhubungan dengan pelanggan maupun
pemasok dimanapun mereka berada.
6. Managemen
adalah proses yang didesain untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan
sumber daya secara efektif dan efisien dalam lingkungan yang serba berubah,
sedangkan manager adalah orang yang membuat segala sesuatu terlaksana dengan
baik melalui orang.
Fungsi-fungsi
mangemen :
1. Fungsi
Perencanaan : Fungsi ini menetukan hal yang perlu dilakukan organisasi dan cara
organisasi melakukannya melalui perencanaan yang matang.
2. Fungsi
Pengorganisasian : Proses managemen dalam cara pengaturan terbaik sumber daya
dan kegiatan oraganisasi dalam struktur yang ada saat ini secara efektif dan
efisien.
3. Fungsi
Kepemimpinan : Kemampuan pemimpin untuk memberikan petunjuk dan memotivasi
karyawan untuk mencapai tujuan organisasi/ perusahaan, meliputi fungsi
penyusunan staf dan fungsi pengarahan.
4. Fungsi
Pengendalian : Proses mengevaluasi, memonitor dan mengoreksi kegiatan
organisasi.
7.Jenis tingkatan level manager :
1. Top Manager bertanggung jawab terhadap
tercapainya seluruh kinerja dan keefektifan organisasi. Merupakan manager yang
mengambil keputusan-keputusan strategis atau keputusan jangka panjang
2. Middle Manger bertanggung jawab untuk
menerapkan strategi dan bekerja untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan
oleh Top Manager. Biasanya dituntut
untuk menerjemahkan keputusan strategic Top
Manager menjadi keputusan yang sifatnya taktis untuk jangka menegah.
3. First
Line Manager Bertanggung jawab melakukan supervise terhadap pekerjaan
karyawan. Dituntut untuk mengambil keputusan yang bersifat operasional atau
keputusan jangka pendek yang deterjemahkan dari keputusan taktis yang dilakukan
oleh middle manager.
Ketiga level
managemen tersebut terbagi menjadi berbagai bidang managemen yaitu managemen
sumber daya manusia, managemen operasioanal, managemen pemasaran, managemen
keuangan, dan managemen informasi, serta berbagai managemen lainnya.
Keahlian
managemen :
1. Keahlian konseptual : keahlian untuk berfikir
secara mendalam, melakukan abbstraksi, mendiagnosis, dan menganalisis suatu
yang berbeda. Keahlian ini membantu manager mengenal kesempatan dan ancaman
dari pasar yang baru, membantu menganalisis kemungkinan yang akan terjadi dr
suatu keputusan, mengandung fikiran kreatif untuk pengembangan produk dan ide
inovatif.
2. Keahlian analitis : keahlian untuk
mengidentifikasi isu-isu yang terkait dan mengenal pentingnya isu tersebut,
memahami antar isu yang ada dan mengetahui penyebabnya.
3. Keahlian untuk berhubungan dengan orang lain
: Keahlian untuk menjalin hubungan
dengan orang lain, memahami dan berkomunikasi dengan orang lain baik didalam
maupun luar organisasi perusahaan.
4. Keahlian teknis : keahlian yang dibutuhkan untuk
melaksanakan tugas khusus atau terspesialisasi.
5. Keahlian dalam pengambilan keputusan : Keahlian
yang harus dimiliki untuk mengidentifikasi keahlian yang ada dan mengambil
tindakan terbaik.
6. Keahlian pengelolaan waktu : keahlian mengelola
waktu sebaik mungkin.
8. Tujuan Managemen menyusun sasaran :
1. Memberikan
arahan dan petunjuk bagi manager pada semua tingkatan mengenai kondisi
perusahaan saat ini, dan adakah sesuatu yang salah dalam suatu organisasi.
2. Membantu
organisasi atau perusahaan mengalokasikan sumber dayanya.
3. Sasaran
juga membantu perusahaan menentukan atau mendefinisikan budaya perusahaan.
4. Membantu
manager menilai kinerja organisasi.
tks
BalasHapusTerima kasih ya. salam.
BalasHapus