Selasa, 25 Oktober 2016

Tugas 3 Manajemen

TUGAS 3 MANAGEMEN

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1.    Mengapa etika penting dilakukan perusahaan ?
2.    Salah satu manfaat komunikasi efektif adalah mendapat informasi untuk pengambilan keputusan. Hal-hal apa saja yang mendorong staf untuk terbuka dalam suatu rapat ?
3.    Salah satu upaya untuk peningkatan motivasi kerja adalah pemberian penghargaan (reward) dan hukuman (punishment). Mengapa hal ini dilakukan oleh perusahaan ? Coba jelaskan.
4.    Ada 3 ranah yang terkait erat dan saling berhubungan dalam pelaksanaan Good Governance, yaitu pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis. Bagaimana peranan elemen masyarakat dalam kegiatan Good Governance ? Coba jelaskan.

Tugas ini wajib dikerjakan oleh mahasiswa, dan ini sifatnya adalah tugas individual. Jawaban tugas agar diupload ke fasilitas menu Tugas di UT Online. Selamat mengerjakan. Salam. 
Jawaban :

1. Etika bisnis adalah suatu kode etik dalam berprilaku yang dianut para pengusaha, manager atau lainnya, yang berisi nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan pedoman dalam membuat setiap keputusan dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi, etika bisnis adalah suatu komitmen untuk melaksanakan hal yang benar dan menghindari hal yang tidak benar.
Etika bisnis sangat berkaitan erat dengan usaha membangun kepercayaan anggota masyarakat terhadap perusahaan, factor kepercayaan merupakan komponen yang sangat penting bagi keberhasilan suatu bisnis yang  dirancang suatu perusahaan untuk kurun waktu yang panjang.
Perusahaan harus menunjukan komitmennya kepada para external maupun internal stakeholder perusahaan, bahwa perusahaan menunjung tinggi etika bisnis, karena etika bisnis adalah suatu hal yang sangat penting untuk menjaga reputasi perusahaan.


2. Beberapa hal yang dapat mendorong staf untuk terbuka saat rapat :
a.    Hindari memberikan penilaian negative terhadap pendapat/informasi  yang disampaikan mereka.
b.    Hindari merendahkan dengan kata-kata menyakitkan terhadap pendapat/informasi  yang disampaikan.
c.    Tidak menghakimi tanpa mengevaluasi informasi yang ada.
d.    Jangan membudayakan cara pandang/ perspektif yang sempit dalam suatu masalah.
e.    Saling menghargai dan memperhatikan ketika orang lain memberikan pendapat/informasi.


3. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, pemberlakuan metode reward and funisment merupakan hal yang sangat penting untuk membentuk pribadi dari anggota organisasi/ perusahaan tersebut. Jika funisment  menghasilkan efek jera, maka reward menghasilkan efek sebaliknya yaitu ketauladanan, tetapi reward and funisment memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk anggota yang bertanggung jawab dan bermotivasi tinggi.Untuk membuat reward and funismentdapat berjalan dengan baik diperlukan nya konsistensi yang dapat menjamin bahwa reward yang diberikan haruslah bersifat konkrit/ bermanfaat dan funisment yang diberikan bersifat keras dan tidak pandang bulu.

4. Peranan elemen masyarakat dalam pelaksanaan Good Governance Sebagai elemen yang memfasilitasi interaksi sosial dan politik dan yang memobilisasi berbagai kelompok didalam masyrakat untuk terlibat dalam aktivitas sosial, ekonomi dan politik. Disamping itu masyarakat tidak hanya melakukan check and balances terhadap kewenangan kekuasaan pemerintah dan komunitas bisnis tetapi masyarakat juga dapat memberikan kontribusi dan memperkuat kedua unsur utama tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar