Senin, 17 Oktober 2016

Tugas 2 Agama Islam

TUGAS 2
Tugas 2 terdiri dari 6 soal.
1. Jelaskan pengertian dan prinsip-prinsip masyarakat madani.
2. Terdapat dua pertanyaan:
a. Bagaimana peran yang dapat dilakukan oleh umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani?
b. Perhatikan berita berikut:
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah pengungsi bencana banjir bandang di Garut mencapai 1.000 orang.
"Pengungsi mencapai 1.000 orang yang kami tempatkan di beberapa tempat pengungsian," ujar Sutopo saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (21/9/2016).
Seluruh warga yang terkena dampak saat ini sudah diungsikan beberapa tempat, yakni Markas Korem 06, apotek Wira Prima, Rumah Sakit Guntur dan posko Sekretaris Daerah.
Menurut Sutopo, jumlah pengungsi diperkirakan akan terus bertambah meengingat banjir bandang tersebut memiliki skala yang besar.
Akibatnya, ribuan rumah warga yang hanyut, rusak berat dan ringan karena diterjang material longsor yang terbawa oleh aliran banjir.
Selain menghancurkan rumah warga, banjir bandang juga menggenangi Rumah Sakit Umum Daerah dr Slamet.
Sutopo mengatakan, genangan air di RSUD itu mencapai 30 sentimeter.
"Pengungsi akan terus bertambah dan diperkirkan ribuan rumah mengalami kerusakan. Kami masih melakukan proses pendataan terkait jumlah warga yang terdampak banjir bandang," kata Sutopo.
Banjir bandang menerjang daerah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut, pada Rabu (21/9/2016) pukul 01.00 WIB.
Banjir terjadi akibat hujan deras sejak Selasa (20/9/2016) malam, yang menyebabkan air di Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri meluap. Ketinggian banjir mencapai ketinggian 1,5 meter hingga 2 meter.
BNPB mencatat, hingga kini korban banjir bandang yang dinyatakan meninggal mencapai 16 orang dan 15 orang masih dinyatakan hilang.
(Sumber: nasional.kompas.com).
Pertanyaan:
-Setelah mempelajari  mengenai Masyarakat Beradab, Peran Umat Beragama,  HAM dan Demokrasi, apakah kita harus menolong umat Islam saja, atau kita juga  harus menolong umat Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu dalam bencana tersebut?  Jelaskan!
-Apa yang sudah kita lakukan untuk membantu korban banjir garut?
4. Bagaimana hubungan Islam dan demokrasi?
5. Jelaskan macam-macam hukum Islam dan urgensi sunnah Nabi SAW dalam hukum Islam.
6. Jelaskan pengertian Akhlak dan Macam-macamnya.
Selamat mengerjakan.


1.      Masyarakat Madani Adalah masyarakat yang adil, terbuka, demokratis, sejahtera, dengan kesadaran ketuhanan yang tinggi yang diimplementasikan dalam kehidupan social.
Prinsip-prinsip masyarakat madani :
a.      Keadilan Sosial : Tindakan adil terhadap setiap orang yang membebaskan penindasan
b.      Egalitarianisme : Kesamaan tanpa diskriminasi baik etnis, agama, suku dll.
c.       Plurarisme : Sikap menghormati kemajemukan dengan menerimanya secara tulus sebagai sebuah anugrah dan kebajikan.
d.      Supremasi hukum : menempatkan hukum diatas segalanya dan menetapkan tanpa memandang “atas” dan “Bawah”.
e.      Pengawasan Sosial : Pengawasan social harus berdiri atas dasar asas-asas tidak bersalah sebelum terbukti bersalah.

2.      A. Peran-peran umat beragama untuk menciptakan masyarakat madani :
-          Menumbuhkan sikap saling pengertian antara sesama umat beragama, peran ini dapat dilakukan dengan cara dialog intensif.
-          Melakukan studi agama dengan tujuan menciptakan kerukunan umat beragama.
-          Melakukan usaha-usaha penumbuhan sikap-sikap demokratis, pluraris, dan toleransi kepada umat beragama sejak dini melalui pendidikan islam, berdakwah dengan baik.
-          Mengerahkan kesadaran bersama untuk mewujudkan cita-cita masyarakat madani.
-          Meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan pendidikan, baik pendidikan umum juga pendidikan akhlak.
B.  Dilihat dari prinsip masyarakat madani Egalitarianisme yang melihat kesamaan tanpa diskriminasi etnis, agama, suku, juga prinsip plurarisme yaitu sikap yg menghormati perbedaan secara tulus.
Dilihat dari peran umat beragama untuk saling tolong menolong agar terciptanya kerukunan dan toleransi antar agama.
Dan jika dilihat dari HAM, bahwa setiap manusia memiliki hak untuk hidup yaitu hak dasar manusia yang harus dilindungi, maka sudah sepantasnya lah kita sebagai masyarakat yang beradab untuk menolong semua korban bencana tanpa melihat dari agamanya  saja.

3.      Sebenarnya banyak yang dapat dilakukan untuk korban bencana longsor banjir garut, seperti memberikan sejumlah uang, bahan makanan, pakaian yang layak, tempat tinggal yg baik, tidak hanya bantuan materil, bantuan seperti motivasi untuk bangkit dari kesedihan juga diperlukan. Sejauh ini pemerintah masih terus berusaha menyalurkan bantuan secara maksimal, namun untuk diri saya pribadi belum banyak yang dapat saya lakukan, hanya untaian doa agar bencana di garut cepat berakhir, tidak ada lagi korban yang bertambah, dan juga semoga saudara-saudara kita yang tertimpa bencana diberikan ketabahan dan kesabaran untuk menjalaninya. Amiin

4.      Islam adalah agama yang sangat terbuka dan akomodatif terhadap segala perkembangan kebudayaan manusia dengan konsep-konsep yang dikembangkannya. Demokrasi, bagi Islam, bukanlah sesuatu yang asing karena di dalamnya terkandung konsep kesetaraan diantara seluruh manusia seperti kebebasan, persamaan dll yg terdapat juga dalam islam. Memang konsep demokrasi secara kultural berkembang di Barat tetapi islam tidak pernah menghindari nya karena, secara internal telah ada dalam Islam. Faktanya adalah kesepakatan piagam madinah pada masa kepemimpinan rasul, yg lahir dari ruang kebebasan dan serta penghormatan HAM.

5.      Secara garis besar hukum islam dibagi menjadi 5 bagian :

-          Wajib : Suatu perbuatan yg apabila dikerjakan mendapat pahala, dan apabila ditinggalkan mendapat dosa.
-          Sunnah : Suatu perbuatan yg apabila dikerjakan mendapat pahala, dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa.
-          Haram : Suatu perbuatan yg apabila dikerjakan mendapat dosa, dan apabila ditinggalkan mendapat pahala.
-          Makruh : Suatu perbuatan yg apabila dikerjakan tidak mendapat dosa, dan apabila di kerjakan mendapat pahala.
-          Mubah :Suatu perbuatan yg apabila dikerjakan tidak mendapat pahala, dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa.
Urgensi sunnah Nabi Muhammad SAW :
1. Iman: salah satu konsekuensi beriman pd Allah SWT adl menerima segala sesuatu yg bersumber dr para utusannya ( khususnya Nabi SAW )
2. Al-qur’an : Banyak ayat didalamnya yg menjelaskan kewajiban taat pd Rasullah SAW.

3. Hadits Nabi SAW : Posisi sunnah sebagai sumber hukum islam dijelaskan sendiri oleh Nabi SAW

4. Konsensus Ulama : Posisi sunnah sebagai sumber hukum islam berdasarkan consensus umat islam.

5. Dalil Aqli/Logika : Al-quran yg berisi petunjuk dari Allah SWT masih bersifat global, sehingga perlu adanya penjelasan


6.      Akhlak adalah suatu keadaan yang tertanam dalam jiwa berupa keinginan kuat yang melahirkan perbuatan-perbuatan secara langsung dan berturut-turut tanpa memikirkan pemikiran lebih lanjut, dengan kata lain Akhlak adalah kriteria-kriteria perbuatan manusia baik yang bersifat batin maupun bersifat lahir.
Macam-macam akhlak :
a.      Akhlak Mulia (akhlak mahmudah ) : terdiri dari 4 sendi yaitu hikmah, amarah, napsu dan kesimbangan antara ketiganya, yg akan melahirkan akhlak-akhlak berupa :
Jujur, suka memberi kepada sesame, tawadlu, tabah, tinggi cita-cita, pemaaf, kasih sayang sesama, menghormati orang lain, qana’ah, sabar, malu, pemurah, berani membela kebenaran, menjaga diri dari hal-hal yg haram.


b.      Akhlak tercela ( akhlah mazmumah ) : terdiri dari 4 sendi yaitu keji, bodoh, rakus dan aniaya, yg akan melahirkan sifat seperti : pemarah, boros, peminta, pesimis, statis, putus asa.

0 komentar:

Posting Komentar